Sosialisasi Pendidikan Inklusif Kota Solok Tahun 2017


Solok, (Disdik) – Dinas Pendidikan memberikan pembinaan dan sosialisasikan mengenai pendidikan inklusif di Aula Mami Hotel. Rabu, (1/11).

Dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Wadirman, S.Pd.MM, Kabid Pembinaan PAUD dan PNF sekaligus sebagai Ketua Pokja Pendidikan Inklusif Kota Solok Bapak Zarveri, S.Pd.MM, Kasi dan Kasubag Dilingkungan Dinas Pendidikan, OPD, Camat Lurah, Puskesmas, Kepala SD dan SMP, Ketua Gugus PAUD serta Korwas dan Korlik di jajaran Pemerintah Kota Solok ikut dalam pelaksanaan Sosialisasi ini.

Kegiatan yang berlangsung tiga hari 1 s/d 3 November ini dibuka Wakil Walikota Reinier, dalam sambutannya beliau mengatakan Penyelenggaraan Pendidikan Wajib sembilan Tahun bagi anak-anak normal juga berlaku bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) dan anak lainnya secara optimal sesuai dengan bakat yang dimiliki.

Thumbnail  

Dalam menangani anak berkebutuhan khusus (ABK) guru atau para pendamping juga harus punya ilmu dan keahlian dalam membimbingnya. Negara memberikan jaminan sepenuhnya pada semua anak termasuk anak berkebutuhan khusus, pemerintah menghargai keaneka ragaman. Perlu dilakukan upaya-upaya yang mengarah pada pemerataan dan perluasan akses, peningkatan mutu , pencitraan publik secara terpadu dan berkesinambungan. Dalam memberi kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus dan anak lainnya mendapatkan pendidikan secara optimal.

Pemerintah Kota Solok beserta jajaran akan ikut mesukseskan pendidikan bagi semua anak termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK) dan anak lainnya. Apalagi kita Kota Solok adalah Kota Serambi Medinah. Tambah Reinier.

Narasumber sosialisasi ini Walikota Solok diwakili Wakil Walikota Solok Reinier, Budi Hermawan, S.Pd.M.Phil kemendikbud, Irman, S.Pd Dinas Pendidikan Propinsi Sumbar, Dewi Marza Ketua Pokja Inklusif Payakumbuh serta Dinas Pendidikan Kota Solok.
Pendidikan inklusif adalah pelayanan pendidikan anak berkebutuhan khusus yang dididik bersama-sama anak lainnya (normal) untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.

Pendidikan inklusif adalah sebuah pendekatan yang berusaha mentransformasi sistem pendidikan dengan meniadakan hambatan-hambatan yang dapat menghalangi setiap siswa untuk

Image: 2018-02/1517554247_2.jpg

Written by administrator on Thursday November 2, 2017

Permalink -

« Sosialisasi UKS Bagi Guru Pembina UKS Se-Kota Solok - Marching Band SD 04 IX Korong Keluar Sebagai Juara Umum »