Tanamkan Nilai Keimanan dan Ketakwaan Bagi Pelajar Melalui MABIT


Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam upaya menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pendidikan menyelenggarakan kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) untuk siswa SMP/ MTs se-Kota Solok. Kegiatan yang telah berjalan lebih dari 5 tahun ini dilaksanakan setiap hari Selasa yang dimulai dari awal maghrib hingga ‘Isya. 

Kasi Kesiswaan dan Kurikulum Edi Mustika mengatakan, “Sebanyak 5.640 siswa/i menjadi peserta dalam kegitan Mabit mereka adalah siswa/i SMP/MTs negeri dan swasta di Kota Solok. Siswa sebanyak itu yang akan mengisi 45 Masjid/ Mushala yang telah ditetapkan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Mabit. Siswa tersebut akan mengikuti Mabit ditentukan berdasarkan tempat tinggal Masjid/Mushala dekat dari rumah tempat kegiatan Mabit diselenggarakan,” jelas Edi.

Sementara itu di Mesjid/ Mushala tersebut sudah ditunjuk yang akan menjadi Narasumber, Guru pendamping, Penanggung Jawab dan Tim Monitoring yang akan melakasanakan tugasnya. Peserta disediakan buku Mabit sebagai catatan bagi siswa dan sebagai kontrol bagi guru di sekolah. Mabit diawali dengan mendirikan shalat Magrib berjamaah kemudian acara pembukan diisi oleh siswa/i untuk mempersilahkan kepada ustadz/ustazdah memberikan materi.

Materi yang diberikan antara lain ada Tahfidz, Fiqih, Akidah, Kisah Motifasi Remaja seperti kisah-kisah Perjuangan para sahabat Nabi Muhammad SAW semua telah disusun dan dijadwal oleh panita. setelah itu ditutup kemudian siswa juga diwajibkan untuk mendirikan shalat isya berjamaah.

Dra. Hj. Mursiati, MM menuturkan, “Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) ini program konkrit Pemerintah Kota Solok dalam upaya menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT  untuk Peserta didik sehingga akan berdampak pada akhlak siswa dan kesadaran dalam mejalankan ibadah, ” jelas Kadis Disdik ini.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisir kenakalan remaja khususnya anak sekolah atau peserta didik. Bila memungkinkan kami mengharapkan pada jama’ah mesjid khususnya orang tua siswa juga dapat mendampingi anak-anak bersama-sama ke Masjid/Mushala dengan demikian anak juga dapat bimbingan dan perhatian dari orang tua sehingga Mabit akan lebih memberikan manfaat. (rpe)

Image: 2019-09/932a6a6b-b441-4aac-ab64-eafeec72aa1c.jpg

Written by administrator on Friday September 20, 2019

Permalink -

« SMP N 5 Kota Solok Gelar Kompetisi Basket SLTP se-Sumbar