Solok. - Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan Kota Solok Bapak Dodi Osmond, S.Pd, M.Si. pimpin acara serah terima jabatan 4 Kepala Sekolah Dasar (SD) di Aula Kantor Dinas Pendidikan Jln. Tembok Raya Nan Balimo Kota Solok. Jum'at (02/02/2018) Jam 09.00 WIB dalam acara yang berlangsung hikmat itu Bapak Kepala Dinas didampingi oleh Bapak Apriman, S.Pd (Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan Kota Solok).

Acara serah terima ini dihadiri oleh para Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Perwakilan Ketua Komite Sekolah. Guru dan Pegawai dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Solok. Pada kesempatan itu ibuk Hj. Inna Wahyu Ningsih, S.Pd, MM (Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Solok) mengatakan “Kegiatan serah terima jabatan ini merupakan lanjutan dari acara pelantikan yang dilaksanakan pada tanggal (29/01/2018) kemarin, yang menjadi inti dari acara yaitu penandatangan berita acara serah terima jabatan Kepala Sekolah secara simbolis dari Kepala Sekolah yang lama kepada Kepala Sekolah yg baru. yang disaksikan oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok. Dengan telah ditandatangani berita acara itu maka berpindah lah tugas dan tanggung jawab dari Kepala Sekolah yang lama kepada Kepala Sekolah yang baru. Baik tangungjawab Keuangan, Barang dan Tugas-tugas sebagai Kepala Sekolah". Ujarnya.

Written by administrator on Friday February 2, 2018



Solok, (Disdik) – Walikota Solok yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok  Drs. H. Dodi Osmond, M.Si  melantik Pengawas, Kepala Sekolah, dan Kepala UPTD Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar Dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Solok di Aula SD Negeri 09 Pasar Pandan Airmati (PPA) Kota Solok, Senin, (29/1/18).

Hadir dalam pelantikan Hamim, S.Sos Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Wadirman, S.Pd, MM Sekretaris Dinas Pendidikan Kota bertindak sebagai saksi, yang dihadiri oleh  para kepala sekolah, pegawai dilingkungan dinas pendidikan dan beberapa orang guru.

Para pejabat yang dilantik sebagai berikut (1) Ricky Rustam, SE.ME sebagai Kasubbag Program dan Keuangan pada Sekretariat Dinas Pendidikan, (2) Heni Herawati, S.Pd.SD sebagai  Kepala SD Negeri 07 KTK Kota Solok, (3) Elfia Lely, S.Pd.SD sebagai Kepala SD Negeri 11 Kampung Jawa Kota Solok, (4) Yuniarti, S.Pd sebagai Kepala SD Negeri  11 Tanah Garam Kota Solok, (5) Brienso Aziz, S.Ag, MA sebagai Kepala SD Negeri 19 Kampung Jawa Kota Solok, (6) Dra. Hartati sebagai Kepala Satuan Pendidikan Non Formal sanggar kegiatan belajar Kota Solok.

Written by administrator on Monday January 29, 2018



Solok - Musibah kebakaran TK Perwari di kelurahan nan balimo kecamatan tanjung harapan Kota Solok, Rabu (24/1) semua bangunan TK Perwari hangus terbakar. Diduga api bersumber dari konslet listrik atau hubungan pendek arus listrik api dengan cepat membakar bangunan karena  kondisi bangunan yang sudah tua bermaterial kayu. Warga sekitar mengetahui kejadian tersebut ketika api sudah membesar sekitar jam 04.00 WIB subuh, api baru dapat dipadamkan pada jam 05.00 WIB dengan bantuan mobil unit pemadam kebakaran.

Written by administrator on Wednesday January 24, 2018



Solok, (Disdik) – Group Marching Band SD 04 IX Korong akhirnya keluar sebagai juara umum pada Lomba Marching Band Competition ke-5 Tingkat SD/MI se-Kota Solok setelah menyisihkan 37 peserta lainnya. Lomba yang digelar selama dua hari (18-19/11/17) bertempat Gedung Kubung Tigo Baleh itu ditutup Wakil Walikota Reinier yang didampingi Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Inna Wahyuningsih,S.Pd,MM, Ketua MKKS SD Desri Yondra, M.Pd, dan undangan lainnya.

Sebagai juara umum Group Marching Band SD 04 IX Korong berhak mendapatkan tropy bergilir dan tropy tetap dari panitia MKKS SD/MI, setelah merebut juara I kategori Full Drumband, dan juara II (Kategori Field Comander). Sementara untuk juara-juara selengkapnya dengan juri Reno Andiza, Eko Mulya Putera, Muhammad Uswah, Randi Ramli dan Andri Kurni adalah Kategori full drumband : Juara 1 SDN 04 IX Korong, Juara 2 SDN 07 Kampung Jawa, Juara 3 SDN 13 kampung Jawa. Kategori Field Comander : Juara 1 SDN 17 Aro IV Korong, Juara 2 SDN 04 IX Korong, Juara 3 SDN 07 Kampung Jawa. Kategori Mayoret Drumb Mayor : Juara 1 SDN 05 VI Suku, Juara 2 SDN 01 Tanjung Paku, Juara 3 SDN 03 Kampung Jawa. Juara Favorit SDN 17 Aro IV Korong. Juara umum SDN 04 IX Korong.

Written by administrator on Sunday November 19, 2017



Solok, (Disdik) – Dinas Pendidikan memberikan pembinaan dan sosialisasikan mengenai pendidikan inklusif di Aula Mami Hotel. Rabu, (1/11).

Dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Wadirman, S.Pd.MM, Kabid Pembinaan PAUD dan PNF sekaligus sebagai Ketua Pokja Pendidikan Inklusif Kota Solok Bapak Zarveri, S.Pd.MM, Kasi dan Kasubag Dilingkungan Dinas Pendidikan, OPD, Camat Lurah, Puskesmas, Kepala SD dan SMP, Ketua Gugus PAUD serta Korwas dan Korlik di jajaran Pemerintah Kota Solok ikut dalam pelaksanaan Sosialisasi ini.

Kegiatan yang berlangsung tiga hari 1 s/d 3 November ini dibuka Wakil Walikota Reinier, dalam sambutannya beliau mengatakan Penyelenggaraan Pendidikan Wajib sembilan Tahun bagi anak-anak normal juga berlaku bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) dan anak lainnya secara optimal sesuai dengan bakat yang dimiliki.

Written by administrator on Thursday November 2, 2017



Solok, (Disdik) – Dinas Pendidikan Kota Solok menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Lembaga Penyelenggara PAUD Tahun 2017 Dalam rangka meningkatkan kinerja para penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini, Dengan Tema “Meningkatkan Mutu Pengelolaan PAUD Melalui Pelatihan Managemen Lembaga Dalam Rangka Mewujudkan Tertib Administrasi”. Selasa, (31/10).
Kegiatan yang dilaksanakan ini dibiayai dari DPA Dinas Pendidikan Kota Solok melalui Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD dan PNF, dihadiri oleh 60 peserta yang terdiri dari Pengelola PAUD se-Kota Solok serta dihadiri oleh IPPKS Kota Solok.

Pelatihan diselenggarakan di Aula Dinas Pendidikan Kota Solok, yang dibuka secara langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kota Solok Zarveri, S.Pd.MM yang didampingi oleh Kasi PTK PAUD Joni Fitra, S.Pd serta Penilik Dinas Pendidikan Kota Solok.

Written by administrator on Wednesday November 1, 2017



Solok, (Disdik) – Dinas Pendidikan Kota Solok adakan Sosialisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Aula Dinas Pendidikan setempat, Senin (23/10/17) yang diikuti guru pembina UKS  tingkat TK/RA, SD/MI, SLTP/MTs, SMA/MA/SMK se-Kota Solok.

Sementara Nara sumber adalah Ratmil, S.Sos.M.Pd Tim Pembina UKS Propinsi Sumatera Barat dan Hendri Oktavia Hatta, SH  Biro Bina Mental dan Kesra  Propinsi Sumatera Barat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok diwakili Suhartinah,Spd dalam pembukaannya mengatakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) berupaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan disekolah serta usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan disekolah.

Written by administrator on Tuesday October 24, 2017



Solok, (Disdik) – Dinas Pendidikan Kota Solok berkerja sama dengan Himpunan Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) menggelar Seminar Nasional bagi Pengelola, Pendidik Paud se-Kota Solok dalam rangka meningkatkan kompetensi Pengelolaan dan Pendidikan pada jenjang PAUD. Kegiatan  di Aula SMPN 5 Kota Solok, (16/10 /17) dibuka Ketua Himpaudi Ny.Ria Rusdianto dihadiri Kabid Pembinaan PAUD,Pengurus IPPKS, Ikatan Pendidik PAUD, Penilik PAUD Kota/Kabupaten Solok, dengan peserta   300 orang  terdiri dari Pengelola, Guru SD , Pendidik PAUD se-Kota Solok,  Kabupaten Darmasraya, serta Penilik  Kabupaten Solok.

Ketua Himpaudi Ny. Ria Rusdianto sambutannya  sangat mengapresiasi  kegiatan ini, karena akan  menambah wawasan serta kreatifitas pendidik serta pengelola, makanya seminar ini membuka cakrawala berpikir dalam mengembangkankan keterampilan anak didik. Disamping harus didukung oleh semua pihak terutama orang tua dan keluarga.

Written by administrator on Tuesday October 17, 2017



Solok, (Disdik) – Kualitas pendidikan  menjadi perhatian berbagai kalangan, tidak hanya kalangan pendidikan, tetapi juga masyarakat. Mereka menginginkan munculnya perubahan dalam hal upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Fakta menunjukkan bahwa kualitas pendidikan kita belum sempurna sebagaimana yang diharapkan bila dibandingkan dengan di negara lain.

Demikian dikatakan  Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok Drs.H.Dodi Osmond, M.Si pada pembukaan Sosialisasi Sekolah Berbudaya Mutu di Aula Dinas setempat, Kamis, (5/10/17)  yang didampingi Widiaiswara dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Delviati, M.Pd, Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Hj.Inna Wahyuningsih, S.Pd.MM, pejabat Struktural serta para Kepala Sekolah .

Written by administrator on Thursday October 5, 2017



Solok, (Disdik) – Walikota Solok Zul Elfian menjadi Inpsektur pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Balaikota Solok. Senin, (2/10/17). Upacara yang berlangsung lancar dan khidmat itu dihadiri Wakil Walikota Reinier, Pimpinan DPRD, Unsur Forkopinda, Kepala OPD, Ormas, sementara peserta upacara unsur TNI, Polri, Pramuka, ASN serta para siswa/i SMA/SMP.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diawali dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara dan dilanjutkan dengan pembacaac teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. Selanjutnya pembacaan Naskah Pembukaan UUD 1945  disampaikan oleh Kabag Humas Nurzal Gustin, S.STP. M.Si, sedangkan Wakil Ketua DPRD H.Irman Yefri Adang,SH,MH membacakan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang dilanjutkan dengan pembacaan doa bagi keselamatan bangsa dan negara yang dipimpin oleh H. Emil Isra, S.Sos. dari Kantor Kementerian Agama Kota Solok.

Written by administrator on Monday October 2, 2017