Solok, (InfoPublikSolok) – Sebanyak 24 Tim Basket SMP di Sumatera Barat ambil bagian dalam  Basket Ball Competition 2018 yang digelar SMP 5 Kota Solok dari tanggal 23 sampai 28 Juli mendatang di lapangan Basket SMP setempat. Pagelaran basket untuk memperingati Hari Jadi SMP 5 ke 32 itu memperebutkan hadiah total Rp.20 juta dan tropi lepas lainnya yang dibuka Walikota Solok diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok yang ditandai pelepasan balon dan pelemparan bola ke jaring. Acara yang mendapat sambutan baik dari kalangan pelajar itu juga dihadiri Unsur Forkopimda serta Ketua Komite SMP 5, Yoserizal, SH.

Ketua Pelaksana Samadi, S.Pd. mengatakan Peserta turnamen basket tahun ini diikuti 24 tim SMP berasal dari Kota Solok, Kab. Solok, Kota Sawahlunto, Payakumbuh, Sijunjung serta Bukittinggi. Dimana tujuan turnamen ini adalah untuk memasyarakatkan olahraga basket dikalangan pelajar SMP disamping itu juga untuk mencari bibit mewakili sekolah untuk turnamen lainnya.

Juga dikatakan kegiatan yang menjadi kalender tahunan di SMP 5 ini mendapat dukungan dari Perbasi Sumatera Barat dan khususnya Perbasi Kota Solok, hendaknya dalam pertandingan nanti wasit betul-betul adil dengan mengedepankan unsur pembinaan serta mengutamakan objektifitas, harap Samadi.

Walikota diwakili Dra. Hj. Mursiati, MM dalam sambutannya mengakui sangat mendukung terlaksananya turnamen ini, sebab dengan berolahraga akan terbentuk jiwa yang sehat, karena kegiatan extra kurikuler ini akan mengarahkan generasi muda untuk berbuat yang terbaik, disamping meningkatkan sportifitas yang tinggi. Juga akan muncul atlet-atlet bola basket baru dari Kota Solok yang dapat berkiprah nantinya di kancah yang lebih tinggi, ujarnya. (AA)

Written by administrator on Monday July 23, 2018



Solok, (InfoPublikSolok) – Walikota Solok H. Zul Elfian, S.H, M.Si membuka secara resimi seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kota Solok tahun 2018 untuk cabang renang yang bertempat di Water Boom Solok Laing Park Kota Solok, Selasa, (27/3/18). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Solok ini berlangsung selama dua hari tanggal 27-28 Maret 2018.

Walikota Solok H. Zul Elfian, S.H, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, “Renang adalah olahraga yang sangat bermanfaat sekali selain untuk kesehatan tubuh, pandai berenang juga dibutuhkan untuk usaha pencarian, penyelamatan diri maupun orang lain”, kata Wako.

Zul Elfian menjelaskan “Renang ini sunnah nabi dalam sebuah hadis Rasulullah S.A.W. bersabda, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, bermain pedang, berenang dan memanah” (Riwayat sahih Imam Bukhari dan Imam Muslim). Untuk itu marilah kita mengajarkan anak-anak kita berenang selain dianjurkan juga merupakan syariat dalam Islam”, tegasnya.

Walikota Solok juga menyampaikan dukungannya dan berharap kedepannya akan kegiatan ini lebih sering diadakan agar makin banyak anak-anak yang pandai berenang. “Jadilah kebanggan bagi kota ini, semoga melalui ajang ini bisa melahirkan anak-anak yang berprestasi, dan bisa mengharumkan nama Kota Solok ditingkat provinsi maupun ditingkat nasional”, harap Zul Elfian.

Kasi Bidang Kurikulum dan Peserta Didik Dinas Pendidikan Kota Solok Edi Mustika, S.Pd menjelaskan. “Ada ratusan siswa SD dan SMP menjadi peserta dalam acara O2SN cabang olahraga renang ini. Sebelumnya kami meminta pihak sekolah untuk mengirim perwakilannya sebanyak 10 orang siswa yang terdiri dari 5 orang putra dan 5 orang putri  untuk mengikuti nomor perlombaan renang 50 meter dan 100 meter”, jelasnya.

Lanjutnya, “seleksi kita laksanakan dalam bentuk pertandingan renang antar sekolah yang dinilai oleh juri renang yang professional. Tujuan dari kegiatan seleksi ini adalah untuk menjaring siswa/i terbaik kota solok untuk mengikuti  perlombaan O2SN di tingkat provinsi nantinya. Kita berharap semoga tahun ini ada siswa kita yang bisa tembus sampai tingkat nasional tentunya dukungan orang tua sangat diperlukan disini” kata Edi. (wd).

Written by administrator on Tuesday March 27, 2018



Solok, (Info Publik Solon) – Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Solok melaksanakan gladi bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi siswa Paket C,  selama dua hari 13-14 Maret 2018, di labor komputer SKB Kota Solok, untuk menghadapi pelaksanaan UNBK April mendatang.

Ketua Penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer Paket C Zulfrizil, M.Pd menjelaskan dalam pelaksanaan tersebut sebanyak 18 siswa/i paket C jurusan IPS dihari pertama mengikuti mata pelajaran bahasa Indonesia, dilanjutkan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS),  sementara hari kedua hanya mata pelajaran matematika.

Untuk menghadapi UNBK itu kata Zulfrizil membutuhkan komputer dengan spesifikasi komputer yang cukup tinggi minimal untuk server Core i5. Kami mengakui pelaksanaan ini masih banyak kekurangan, sementara waktu kami menanggulangi dengan memindahkan komputer kantor ke labor komputer agar siswa/i dapat mengikuti UNBK.   

Dengan adanya gladi ini, peserta UNBK pada April nanti lebih percaya diri dan tidak ada rasa khawatir lagi karena mereka telah mengikuti pembekalan apilikasi.” harap Zufrizil.

Kepala Satuan Pendidikan Non Formal sanggar kegiatan belajar Kota Solok Dra. Hartati mengatakan Pelaksanaan gladi bersih ini bertujuan sebagai tahap persiapan dan pengenalan aplikasi UNBK terhadap peserta didik, sehingga diharapkan nanti para peserta didik memahami teknis pelaksanaan UNBK dari awal hingga akhir.

Selain itu tambah Hartati, kegiatan juga bertujuan untuk mengecek kesiapan infrastruktur (komputer client dan server serta akses internet). Dari kegiatan ini, dapat di evaluasi permasalahan dan hambatan selama gladi bersih agar dicari solusinya bersama-sama.

Semoga pada pelaksanaan UNBK bulan April nanti, sukses dalam penyelengaraan dan siswa/i kami mendapatkan nilai bang baik.” pungkasnya.

Written by administrator on Thursday March 15, 2018



Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pendidikan Kota Solok adakan pelatihan menajeman pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), di Aula SMP Negeri 5 Kota Solok, Selasa (13/03/18).

Pelatihan tersebut diikuti oleh Pengawas TK, Penilik PAUD, Kepala TK dan Kepala PAUD se-Kota Solok, dengan narasumber Dr. Yenita Irawati S, M.Pd, dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Universitas Negeri Padang.

Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Solok Joni Fitra, S.Pd, mengatakan “Kita inginkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan peningkatan keahlian, dan keterampilan para Pengelola PAUD dan Kepala TK, sehingga dapat meningkatkan mutu pengelolaan  lembaga PAUD dimasa yang akan datang. Pengelolaan yang diiringi dengan sistim manajemen yang teratur  dan mengarah kepada tata cara pengelolaan yang sewajarnya sesuai yang diamanatkan dalan permendikbud,” ungkapnya.

Suhartinah, Kabid Pembinaan PAUD Pendidikan Non Formal, S.Pd. mengatakan, “agar para pengelola PAUD dan Kepala TK agar benar-benar dapat memamfaatkan momen pelatihan ini untuk berbagi pengalaman, dan menggali ilmu dengan pemateri”, katanya.

Lanjutnya, “Saya harap peserta agar tidak pernah bosan dan berhenti dalam mencari ilmu. mari wujudkan pengelolaan lembaga pendidikan yang profesional dengan penuh pengabdian dan kerja keras demi mewujudkan layanan pendidikan bagi anak usia dini yang bermutu, maju, dan dinamis”, pungkas Suhartina. (wd)

Written by administrator on Wednesday March 14, 2018



Solok, (Info Publik Solok) – Dinas Pendidikan Kota Solok gelar try out (TO)  menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) April 2018, bagi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) selama dua hari  Jum’at-Sabtu ( 2-3/3/18) di masing-masing sekolah.

Try out yang diikuti  1725 siswa kelas IX, hari pertama  mengikuti ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika kemudian dilanjutkan hari kedua mata pelajaran IPA dan Bahasa Inggris.

Kasi bidang Kurikulum dan Peserta Didik Dinas Pendidikan Kota Solok Edi Mustika,Spd mengatakan “Pelaksanaan Try Out ini sangat penting dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional. Oleh sebab itu, guru maupun orang tua di rumah perlu mendorong anak untuk mengikutinya dengan serius menganggap try out sebagai ujian yang sebenarnya. Soal try out memang tidak bisa ditebak sama atau tidak dengan soal ujian nasional. Namun pihak bertugas menyusun soal ini dengan acuan membuatan soal adalah Standar Kelulusan (SKL) dan kisi-kisi ujian nasional. Siswa perlu menyadari hal ini sehingga tidak menganggap enteng pelaksanaan try out ini. Semakin sering siswa mengikuti TO semakin bagus kesiapan siswa menghadapi UN” ucapnya..

Sekretaris Dinas Pendidikan  Wadirman, S.Pd, MM  berharap, usai mengikuti try out ini para siswa akan lebih siap dalam menghadapai Ujian Nasional April mendatang juga dapat meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran sehingga meraka nantinya mendapatkan nilai Ujuan Nasional yang memuaskan, Kita inginkan mereka (siswa/i) yang ikut try out kali ini bisa lebih percaya diri dalam mengikuti UN nanti , sehingga mereka tidak ada rasa takut dan khawatir lagi,” jelasnya. (windra)

Written by administrator on Tuesday March 6, 2018



Solok, (InfoPublikSolok) – Satuan Lantas Polres Kota Solok didampingi oleh Kepala Sekolah mengenalkan rambu-rambu lalu lintas kepada murid-murid SD Negeri 3 Kampung Jawa Kota Solok. Sabtu (03/03/18) kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 7.00 WIB sampai pukul 8.00 WIB itu berlangsung dengan gembira tampak tidak ada rasa takut sedikitpun dari anak-anak kepada polisi mereka pun sangat antusias mengikuti sosialisasi tersebut.

“Pengenalan rambu lalu lintas pada anak usia dini sangat penting. Tujuannya untuk menanamkan kedisiplinan dan memberikan proses pembelajaran tentang tata tertib berlalu lintas kepada anak-anak, Dengan menggunakan alat peraga,  dijelaskan arti rambu-rambu  kepada anak-anak mulai dari  warna lampu merah, kuning, hijau, hingga rambu larangan masuk berhenti dan rambu-rambu lainnya” ujar Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Solok Kota  IPDA Thamrin.

“kegiatan ini anak-anak bisa memahami rambu-rambu lalu lintas dan bisa bersikap disiplin, sebab disiplin itu harus diterapkan sejak dini, disamping itu mereka memandang kami aparat kepolisian sebagai sahabat mereka, “tambahnya .

Kepala Sekolah Marjula Elita.S. Ag, menuturkan pihak sekolah mendukung program kepolisian dalam upaya keselamatan anak dijalan dan merasa senang karena anak dibekali pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas sejak dini. Kami inginkan keselamatan anak dijalan raya menjadi perhatian kita bersama. Kami harapkan setelah anak menerima sosialiasi ini agar orang tua nantinya menurunkan  anak dibatas Zona Selamat Sekolah (Zoss) tidak perlu berdesak-desakan menurunkan anak didepan gerbang sekolah untuk menghindari kemacetan sekaligus melatih anak untuk mandiri dan disiplin dalam berlalu lintas.” harapnya lagi. (wd).

Written by administrator on Sunday March 4, 2018



Solok, (Info Publik Solok) – Dinas Pendidikan Kota Solok laksanakan seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Sabtu (03/03), di SD Negeri 05 VI Suku Kota Solok yang diikuti 176 siswa/i utusan dari 44 SD/MI se-Kota Solok.

Ketua Pelaksanan Edi Mustika S.Pd   laporannya menjelaskan, Seleksi OSN digelar 1 (satu) kali dalam setahun bertujuan untuk menjaring siswa yang mempunyai bakat dan berprestasi dalam bidang studi matematika dan Ilmu Pengetahuna Alam (IPA). Dalam seleksi ini mereka berlomba untuk menjadi pemenang, mereka semua siswa-siswi pilihan yang telah mengikuti perlombaan dan seleksi ditingkat sekolah”katanya.

Lebih Lanjut Edi Mustika mengatakan, untuk saat ini yang menjadi peserta dalam seleksi adalah siswa-siswi yang duduk dibangku kelas 4 dan kelas 5, sebelumnya kami meminta sekolah untuk mengirim 4 orang siswa terdiri dari 2 orang untuk bidang studi matematika dan 2 orang untuk bidang studi IPA. Dalam pelaksanaan ujian, mereka beri soal sebanyak 40 buah soal dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Dari 176 siswa ini nanti dijaring 20 orang siswa, 10 orang untuk bidang studi Matematika dan 10 orang lagi untuk bidang studi IPA. Mereka yang mendapatkan juara 1 sampai dengan 3 nantinya akan menjadi utusan Kota Solok pada Tingkat Propinsi ”,ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan diwakili Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Didik Hj. Inna Wahyu Ningsih, S.Pd, MM kesemptan itu mengatakan, Tujuan pelaksanaan OSN, sebagai wahana kompetisi bidang Matematika dan IPA bagi siswa, dan menumbuh-kembangkan budaya belajar berkreatifitas dan motivasi tinggi. Selain itu seleksi OSN juga mencari minat dan bakat siswa di bidang Matematika dan IPA. Kami berharap semoga tahun ini ada siswa kita yang bisa tembus sampai Tingkat Nasional tentunya  dukungan orang tua sangat diperlukan disini”,pungkasnya.(windra)

Written by administrator on Sunday March 4, 2018



Solok, (InfoPublikSolok) – Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) April 2018, Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Solok melakukan uji coba atau simulasi UNBK yang dilaksanakan Rabu, (14/2/2018) hingga Kamis (15/2/2018). Sebanyak 1725 siswa kelas IX menjadi peserta dalam kegiatan simulasi tersebut. Peserta simulasi dibagi menjadi 3 sesi, sesi pertama mengikuti simulasi pada jam 07.30-09.30 WIB kemudian sesi kedua jam 10.30-12.30 WIB dan dilanjutkan sesi ketiga 14.00-16.00 WIB. Mata pelajaran yang disimulasikan hari pertama Bahasa Indonesia dan Matematika untuk hari kedua IPA dan Bahasa Inggris.

Dalam kesempatan itu Edi Mustika S.Pd (Kasi bidang Kurikulum dan Peserta Didik Dinas Pendidikan Kota Solok) menjelaskan “yang menjadi tempat penyelenggaran kegiatan simulasi adalah ruang labor komputer sekolah, sekarang ini ada 7 sekolah dengan status penyelengara madiri artinya sekolah tersebut telah memadai fasilitasnya, baik computer maupun jaringan untuk melaksanakan kegiatan UNBK. Adapun  7 sekolah berstatus penyelanggara Mandiri sebagai berikut; 1) SMP Negeri 1 Kota Solok, 2) SMP N 2 Kota Solok, 3) SMP N 4 Kota Solok, 4) SMP N 5 Kota Solok, 5) SMP N 6 Kota Solok, 6) SMP IT Kota Solok  dan 7) MTs Muhammadiyah Kota Solok, namun saat ini juga ada 2 sekolah yang belum memadai fasilitasnya, baik computer maupun jaringan untuk melaksanakan simulasi secara mandiri mereka numpang kesekolah lain. Seperti di SMP Negeri 3 Kota Solok numpang ke SMK Negeri 2 Kota Solok dan MTs Negeri Kota Solok numpang ke MA Negeri Kota Solok. Saat ini kita mengetahui 2 sekolah tersebut telah berupaya agar ditahun berikutnya juga bisa menjadi penyelenggara yang mandiri” Ujarnya.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Didik Dinas Pendidikan Kota Solok ibu Inna Wahyu Ningsih, S.Pd, MM mengatakan “Tujun dari penyelenggaraan simulasi ini untuk memperlihatkan, dan menjelaskan kepada panitia penyelenggraan UNBK baik kepada guru termasuk juga kepada siswa. Seperti ini nantinya gambaran keadaan UNBK yang sesungguhnya, untuk itu mari kita lakukan evaluasi permasalahan dan hambatan selama simulasi agar dicari solusinya bersama-sama. Harapan kita simulasi yang berjalan dengan baik saat ini, tentu saja pada pelaksanaan UNBK pada bulan April nantinya lebih baik lagi.” pungkasnya. (wc).

Written by administrator on Thursday February 15, 2018



Solok. - Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan Kota Solok Bapak Dodi Osmond, S.Pd, M.Si. pimpin acara serah terima jabatan 4 Kepala Sekolah Dasar (SD) di Aula Kantor Dinas Pendidikan Jln. Tembok Raya Nan Balimo Kota Solok. Jum'at (02/02/2018) Jam 09.00 WIB dalam acara yang berlangsung hikmat itu Bapak Kepala Dinas didampingi oleh Bapak Apriman, S.Pd (Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan Kota Solok).

Acara serah terima ini dihadiri oleh para Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Perwakilan Ketua Komite Sekolah. Guru dan Pegawai dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Solok. Pada kesempatan itu ibuk Hj. Inna Wahyu Ningsih, S.Pd, MM (Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Solok) mengatakan “Kegiatan serah terima jabatan ini merupakan lanjutan dari acara pelantikan yang dilaksanakan pada tanggal (29/01/2018) kemarin, yang menjadi inti dari acara yaitu penandatangan berita acara serah terima jabatan Kepala Sekolah secara simbolis dari Kepala Sekolah yang lama kepada Kepala Sekolah yg baru. yang disaksikan oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok. Dengan telah ditandatangani berita acara itu maka berpindah lah tugas dan tanggung jawab dari Kepala Sekolah yang lama kepada Kepala Sekolah yang baru. Baik tangungjawab Keuangan, Barang dan Tugas-tugas sebagai Kepala Sekolah". Ujarnya.

Written by administrator on Friday February 2, 2018



Solok, (Disdik) – Walikota Solok yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok  Drs. H. Dodi Osmond, M.Si  melantik Pengawas, Kepala Sekolah, dan Kepala UPTD Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar Dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Solok di Aula SD Negeri 09 Pasar Pandan Airmati (PPA) Kota Solok, Senin, (29/1/18).

Hadir dalam pelantikan Hamim, S.Sos Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Wadirman, S.Pd, MM Sekretaris Dinas Pendidikan Kota bertindak sebagai saksi, yang dihadiri oleh  para kepala sekolah, pegawai dilingkungan dinas pendidikan dan beberapa orang guru.

Para pejabat yang dilantik sebagai berikut (1) Ricky Rustam, SE.ME sebagai Kasubbag Program dan Keuangan pada Sekretariat Dinas Pendidikan, (2) Heni Herawati, S.Pd.SD sebagai  Kepala SD Negeri 07 KTK Kota Solok, (3) Elfia Lely, S.Pd.SD sebagai Kepala SD Negeri 11 Kampung Jawa Kota Solok, (4) Yuniarti, S.Pd sebagai Kepala SD Negeri  11 Tanah Garam Kota Solok, (5) Brienso Aziz, S.Ag, MA sebagai Kepala SD Negeri 19 Kampung Jawa Kota Solok, (6) Dra. Hartati sebagai Kepala Satuan Pendidikan Non Formal sanggar kegiatan belajar Kota Solok.

Written by administrator on Monday January 29, 2018